Senin, 06 Juni 2011

Laptop Termurah di Dunia Hanya Rp 112.357

Laptop Termurah di Dunia Hanya Rp 112.357. Lagi-lagi India menggegerkan dunia. Setelah memproduksi mobil murah (city car) harga Rp 23,5 juta (tipe standar) dan laris bak kacang goreng, kini negeri itu akan meluncurkan satu produk teknologi komunikasi, laptop dengan harga super murah, hanya 7 pounsterling atau Rp 112.357 (kurs Rp 16.051).


Harga yang luar biasa murah bahkan termurah di dunia, hanya di bawah harga minuman keras yang dijual di bar/cafe untuk sekali minum. Sedikit lebih mahal dibanding minum secangkir cappuccino.

Pemerintah India sudah mengumumkan peluncuran laptop 'super duper' murah di dunia itu, Selasa. Meski murah bukan berarti itu laptop memble, justru sebaliknya lumayan canggih. Malah dikatakan laptop itu akan tersambung dgn internet tanpa kabel, kecepatan lumayan dan memory hingga 2 GB. Yang juga penting, laptop ini hanya menyedot listrik 2 watt saja. Busyet dahh!!! amat sangat hemat listrik, bandingkan dengan laptop yg ada sekarang.

Pemerintah India mengatakan prototipe laptop murah itu akan selesai enam bulan lagi. Tapi para pakar komputer masih meragukan tentang laptop murah itu, apa benar laptop itu bagus. Pakar komputer menganggap harga 7 pounsterling sangat tidak realistik. Bagaimana mungkin bisa semurah itu?? Harga laptop termurah yg paling realistik adalah 70 pounsterling.

Proyek ini digarap oleh Indian Institute of Science, Bangalore and the Indian Institute of Technology in Madras. Kalau ini berhasil maka pemerintah India dapat mengklaim sebagai keberhasilan menproduksi laptop hanya seharga £7, atau 500 rupee, atau lebih murah £120 dibanding harga laptop termurah saat ini.

Laptop murah ini dibuat untuk menunjang pendidikan dan akan dibagikan pada siswa2 di India. Namun sejauh ini masih terus diuji agar tegnologi yg dipakai bisa berjalan baik.Pengujian pertama sudah selesai dilakukan, dan masih ada serangkaian pengujian yg lain. Baru 6 bulan lagi laptop ini siap dipasarkan.

Jika ini terjadi maka India kembali membuktikan kemampuannya menghasilkan produk murah dgn teknologi tinggi. Sebelumnya, negeri itu menggegerkan dunia dengan menjual city car Tata Nano hanya Rp 23,5 juta, lalu handphone murah harga 10 pounsterling atau Rp 160.500. Di Inggris harga laptop termurah 250 pounsterling atau

Satu kali pengujian selasai, komputer akan dibuat tersedia atas dasar komersial. Sasaran akan membuatnya tersedia enam bulan lagi. Tahun yang lalu, India membuka selubung pada mobil dunia yang paling murah - £1,450 Tato Nano. Juga sudah menciptakan £10 ponsel. Di Britania, yang paling murah laptops yang ada di biaya jalan tinggi sekitar £250 atau Rp 4 jutaan.

Pemerintah India sudah menghabiskan dana 600 juta pounsterling untuk mengembangkan laptop murah ini. Untuk menjaga agar harga jual tetap murah maka pengoperasian tidak memakai Microsoft Windows tetapi Linux
Sumber: http://masih-berharap.blogspot.com/2010/08/laptop-termurah-di-dunia-hanya-rp.html

0 komentar: